Senin, 22 Maret 2010

Sudahkah Aku Beriman?


Sudahkah aku beriman?

Jika sudah,atleast:
1. Tak ada toleransi dengan sifat terjajah (malas,ga pe-de,pesimis,utopis,kurang inisiatif,suka menunda alias tak bersegera raih pahala dan surga dengan amal shalih dan jauhi neraka dengan hindari dosa)

2. Tak ada toleransi dengan sekulerisme dalam diri (jangan merasa belum ada atsar tatsqif dalam hidup tapi hargai ilmu dengan terapkan thoriqah Islam fii darsi/metode pembelajaran dalam Islam)

3. Cintaku pada Allah dan rasul adalah cinta yang benar jika kubuktikan dengan perbuatanku yang melebihi cintaku pada dunia. Jika bukan cinta yang benar,Qs at taubah:24 akan menjawabnya.

4. Selalu ada upaya diri jadi lebih baik dari kemarin.
Eksplorasi kelebihan sebagai potensi pemberdayaan diri dan eliminasi kekurangan yang akibatkan kegagalan dalam pengembangan diri dan da'wah islam.
Jika aku kurang dalam:

* tsaqafah islam,
sudahkah aku lakukan dirasah fardiyah dengan baca literature islam dan berusaha memahaminya dengan diskusi bersama teman?

* bahasa arab,
sudahkah aku belajar bahasa arab,bahasa persatuan islam dan umat islam?

* interaksi,
sudahkah aku jadikan interaksi islam sebagai hobi?

* baca dan tulis,
sudahkah aku jadikan membaca dan menulis sebagai hobi?

* ikuti fakta/persoalan dunia,
Sudahkah aku jadikan ikuti fakta/persoalan dunia sebagai hobi?

P.S jika aku jadikan interaksi,baca dan tulis,ikuti perkembangan fakta/persoalan dunia sebagai hobi, da'wah islam bukan beban tapi tanggung jawab yang memang selayaknya diemban seorang muslim karena Allah. Sudahkah aku jadikan da'wah sebagai poros hidupku? Sudahkah islam sebagai way of life dan mabda (ideologi) Islam mengkristal dalam hidupku?

* manajemen waktu,
Sudahkah aku jadi manajer waktu yang baik dalam kegiatanku di dalam rumah (domestik) dan diluar rumah (publik) ?
Sudahkah aku sempurnakan kewajibanku sebagai seorang anak bagi orang tua atau seorang istri bagi suami / suami bagi istri dan ibu bagi anak / ayah bagi anak?
Sudahkah aku sempurnakan kewajibanku sebagai seorang muslim / muslimah untuk berda'wah?
Sudahkah aku kerjakan PR da'wah islam-ku?

* de el el,sudahkah aku reformasi jika tak dikatakan revolusi kekuranganku?

5. 'Dan tiadalah kehidupan dunia ini kecuali main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?'(Qs.6:32) Sudahkah aku jadikan dunia tempat singgah~bukan tujuan~dan rendah dalam pandanganku,sebagaimana dalam pandangan Allah?
Sudahkah aku jadikan kampung akhirat sebagai tujuan akhir hidupku?
Sudah,sedang dan akan beramal sholih apa saja untuk meraih tujuan akhir hidupku?

6. Tujuan harakah islam untuk melangsungkan kembali kehidupan islam adalah tujuan mulia dan aktivitas da'wah untuk raih tujuan itu adalah aktivitas mulia yang diwariskan para nabi dan pengikutnya. Taqarrub ilallah mutlak dilakukan.sempurnakan amal wajib, perbanyak amal sunnah dan zikrullah agar pertolongan Allah semakin dekat, "apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga padahal belum tiba padamu ujian sebagaimana terjadi pada umat islam sebelum kamu? mereka menderita kemiskinan dan kesengsaraan sehingga rasul beserta orang-orang beriman bertanya,'bilakah datang pertolongan Allah'?". Penderitaan,kemiskinan,dan kesengsaraan tidak serta merta selalu menyertai pengorbanan seorang muslim untuk Allah,tapi sudahkaH aku optimal dalam berkorban pikiran,harta,atau apapun yang bisa kuberikan untuk kebesaran Allah dan islam? sudahkah aku berkorban sebagaimana saudara-saudaraku diluar sana berkorban hingga mereka harus diburu,dipenjara,bahkan dibunuh hanya karena apa yang mereka pikirkan dan lakukan demi 'laa illaha ilallah muhammadur rasulullah'? Sebagian dari mereka telah syahid dan itu bukan masalahku. Masalah terbesarku adalah apa yang akan kulakukan untuk membela kehormatan mereka yang masih hidup dan meregang nyawa? Apa yang akan kukatakan pada Allah jika para syuhada berkeluh kesah tentang aksi diam seribu bahasa kaum muslimin(dan aku salah satunya)? Aku tak ingin menjadi pemantau penderitaan mereka tapi ingin menjadi salah satu pembela mereka. 'yaa Allah,kami disini berjuang dengan banyak uslub(sarana) dan wasilah(prasarana) tapi dengan satu thoriqah(metode) yakni thoriqah da'wah Rasulullah. Kami disini berjuang untuk membela saudara-saudara kami di palestine,irak,afghanistan,kashmir,dan bumi manapun yang terzhalimi oleh musuh-musuhMu. Kami disini berjuang dalam wadah gerakan-gerakan Islam yang berbeda namanya namun memiliki kharaksteristik yang serupa sebagaimana yang diserukan dalam Qs Ali Imran : 104, yang diikat dengan satu ikatan akidah,yakni akidah islam dan yang memperjuangkan tegaknya syariah dan khilafah di bumi pertiwiMu. Maka mudahkan dan buka pintu lebar-lebar bagi kami untuk optimal dalam gerak kami dan untuk buktikan iman kami padaMu. Sulitkan dan kunci pintu rapat-rapat bagi kami untuk berbuat dosa sekecil apapun walaupun itu rasa malas,tak pe de,pesimis,utopis,lemah,karena semua sifat itu membunuh komitmen kami untuk bangkit dari keterpurukan dan bukan sifat seorang muslim. "Tolonglah kami"...

Sudahkah aku beriman?

Related Posts

Sudahkah Aku Beriman?
4/ 5
Oleh