Senin, 23 Agustus 2010

Sibuk Bicarakan Aib Orang Lain, Bagaimana Dengan Diri kita?


Segala puji bagi Allah, Rabb yang telah menunjuki jalan pada bersihnya hati. Sungguh beruntung orang yang mau mensucikan hatinya. Sungguh merugi orang yang mengotori hatinya. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.Mengapa diri ini selalu menyibukkan diri dengan membicarakan aib orang lain, sedangkan 'aib besar yang ada di depan mata tidak diperhatikan. Akhirnya diri ini pun sibuk menggunjing, membicarakan 'aib saudaranya padahal ia tidak suka dibicarakan. Jika dibanding-bandingkan diri kita dan orang yang digunjing, boleh jadi dia lebih mulia di sisi Allah. Demikianlah hati ini seringkali tersibukkan dengan hal yang sia-sia. Semut di seberang lautan seakan nampak, namun gajah di pelupuk mata seakan-akan tak nampak, artinya aib yang ada di diri kita sendiri jarang kita perhatikan.





'Aib Kita yang Seharusnya Kita Perhatikan



Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata,



يبصر أحدكم القذاة في أعين أخيه، وينسى الجذل- أو الجذع - في عين نفسه



"Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya." [Semut di seberang lautan nampak, gajah di pelupuk mata tak nampak, pen].[1]



Wejangan Abu Hurairah ini amat bagus. Yang seharusnya kita pikirkan adalah 'aib kita sendiri yang begitu banyak. Tidak perlu kita bercapek-capek memikirkan 'aib orang lain, atau bahkan menceritakan 'aib saudara kita di hadapan orang lain. 'Aib kita, kitalah yang lebih tahu. Adapun 'aib orang lain, sungguh kita tidak mengetahui seluk beluk hati mereka.





Anggap Diri Kita kurang Dari Orang Lain



'Abdullah Al Muzani mengatakan,



إن عرض لك إبليس بأن لك فضلاً على أحد من أهل الإسلام فانظر، فإن كان أكبر منك فقل قد سبقني هذا بالإيمان والعمل الصالح فهو خير مني، وإن كان أصغر منك فقل قد سبقت هذا بالمعاصي والذنوب واستوجبت العقوبة فهو خير مني، فإنك لا ترى أحداً من أهل الإسلام إلا أكبر منك أو أصغر منك

.

"Jika iblis memberikan was-was kepadamu bahwa engkau lebih mulia dari muslim lainnya, maka perhatikanlah. Jika ada orang lain yang lebih tua darimu, maka seharusnya engkau katakan, "Orang tersebut telah lebih dahulu beriman dan beramal sholih dariku, maka ia lebih baik dariku." Jika ada orang lainnya yang lebih muda darimu, maka seharusnya engkau katakan, "Aku telah lebih dulu bermaksiat dan berlumuran dosa serta lebih pantas mendapatkan siksa dibanding dirinya, maka ia sebenarnya lebih baik dariku." Demikianlah sikap yang seharusnya engkau perhatikan ketika engkau melihat yang lebih tua atau yang lebih muda darimu."[2]





Mengapa Sibuk Membicarakan 'Aib Orang Lain?




Jika kita memperhatikan nasehat-nasehat di atas, maka sungguh kita pasti tak akan ingin menggunjing orang lain karena 'aib kita sendiri terlalu banyak. Itulah yang kita tahu.



Menceritakan 'aib orang lain tanpa ada hajat sama sekali, inilah yang disebut dengan ghibah. Karena ghibah artinya membicarakan 'aib orang lain sedangkan ia tidak ada di saat pembicaraan. 'Aib yang dibicarakan tersebut, ia tidak suka diketahui oleh orang lain.



Keterangan tentang ghibah dijelaskan dalam hadits berikut,



عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ ». قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ « ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ ». قِيلَ أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِى أَخِى مَا أَقُولُ قَالَ « إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُولُ فَقَدِ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ



Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bertanya, "Tahukah kamu, apa itu ghibah?" Para sahabat menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih tahu." Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai." Seseorang bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu tentang dirinya, maka berarti kamu telah menggibahnya (menggunjingnya). Namun apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah menfitnahnya (menuduh tanpa bukti)."[3]

Ghibah dan menfitnah (menuduh tanpa bukti) sama dua keharaman.



Namun untuk ghibah dibolehkan jika ada tujuan yang syar'i yaitu dibolehkan dalam enam keadaan sebagaimana dijelaskan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah. Enam keadaan yang dibolehkan menyebutkan 'aib orang lain adalah sebagai berikut:

1. Mengadu tindak kezholiman kepada penguasa atau pada pihak yang berwenang. Semisal mengatakan, "Si Ahmad telah menzholimiku."

2. Meminta tolong agar dihilangkan dari suatu perbuatan mungkar dan untuk membuat orang yang berbuat mungkar tersebut kembali pada jalan yang benar. Semisal meminta pada orang yang mampu menghilangkan suatu kemungkaran, "Si Rahmat telah melakukan tindakan kemungkaran semacam ini, tolonglah kami agar lepas dari tindakannya."

3. Meminta fatwa pada seorang mufti seperti seorang bertanya mufti, "Saudara kandungku telah menzholimiku demikian dan demikian. Bagaimana caranya aku lepas dari kezholiman yang ia lakukan."

4. Mengingatkan kaum muslimin terhadap suatu kejelekan seperti mengungkap jeleknya hafalan seorang perowi hadits.

5. Membicarakan orang yang terang-terangan berbuat maksiat dan bid'ah terhadap maksiat atau bid'ah yang ia lakukan, bukan pada masalah lainnya.

6. Menyebut orang lain dengan sebutan yang ia sudah ma'ruf dengannya seperti menyebutnya si buta. Namun jika ada ucapan yang bagus, itu lebih baik.[4]



Adapun dosa ghibah dijelaskan dalam firman Allah Ta'ala,



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ



"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang. Jangan pula menggunjing satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (QS. Al Hujurat: 12)

Kata Ibnu Katsir rahimahullah, "Ghibah diharamkan berdasarkan ijma' (kesepakatan para ulama). Dan tidak ada pengecualian dalam hal ini kecuali jika benar-benar jelas maslahatnya."[5]



Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, "Allah Ta'ala memisalkan ghibah (menggunjing orang lain) dengan memakan bangkai seseorang. Karena bangkai sama sekali tidak tahu siapa yang memakan dagingnya. Ini sama halnya dengan orang yang hidup juga tidak mengetahui siapa yang menggunjing dirinya. Demikianlah keterangan dari Az Zujaj."[6]



Asy Syaukani rahimahullah kembali menjelaskan, "Dalam ayat di atas terkandung isyarat bahwa kehormatan manusia itu sebagaimana dagingnya. Jika daging manusia saja diharamkan untuk dimakan, begitu pula dengan kehormatannya dilarang untuk dilanggar. Ayat ini menjelaskan agar seseorang menjauhi perbuatan ghibah. Ayat ini menjelaskan bahwa ghibah adalah perbuatan yang teramat jelek. Begitu tercelanya pula orang yang melakukan ghibah."[7]



Jika kita sudah tahu demikian tercelanya membicarakan 'aib saudara kita –tanpa ada maslahat-, maka sudah semestinya kita menjauhkan diri dari perbuatan tersebut. 'Aib kita sebenarnya lebih banyak karena itulah yang kita ketahui. Dibanding 'aib orang lain, sungguh kita tidak mengetahui seluk beluk dirinya.



Nasehat ini adalah nasehat untuk diri sendiri karena asalnya nasehat adalah memang demikian. Ya Allah, tunjukkanlah pada kami jalan untuk selalu memperbaiki jiwa ini. Amin Yaa Samii'um Mujiib.





Referensi :



[1] Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 592. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa riwayat ini shahih.

[2] Hilyatul Awliya', Abu Nu'aim Al Ashbahani, Mawqi' Al Waroq, 1/310.

[3] HR. Muslim no. 2589, Bab Diharamkannya Ghibah.

[4] Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, Yahya bin Syarf An Nawawi, Dar Ihya' At Turots, cetakan kedua, 1392, 16/124-125.

[5] Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim, Ibnu Katsir, Muassasah Qurthubah, 13/160.

[6] Fathul Qodir, Muhammad bin 'Ali, Asy Syaukani, Mawqi' At Tafasir, 7/17.

[7] Idem.





Catatan Tambahan dan penting :



Sekali lagi, kita perlu membedakan apa itu ghibah yang diharamkan dan yang diperbolehkan :



Ghibah yang diharamkan adalah Gosip, sesuatu yang disuka manusia tetapi dosanya luar biasa besar dihadapan Allah, sebagaimana yang di gambarkan dalam Qs al Hujurat : 12 tersebut diatas. Semisal infotainment, atau membicarakan aib/kekurangan tetangga, teman, dan orang lain.



Lebih baik, jika kita menemukan sesuatu yang kurang pas dalam diri si fulan, sekaligus termasuk dalam Ghibah yang diperbolehkan(selain 6 hal yang telah disebutkan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah diatas), ada wadah untuk mengingatkan yang bersangkutan secara langsung, yakni dengan menjalankan kewajiban amar ma'ruf nahi munkar (dakwah).



Allah Ta'alaa berfirman,



" Dan hendaklah ada segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung " (Qs Ali Imran : 104)



Sebaliknya, jika kita melihat sebuah kemunkaran, namun kita berdiam diri dengannya, azhab Allah siap mengancam siapa saja yang dikehendakiNya di suatu negeri.



Rasulullah SAW bersabda,



" Sesungguhnya apabila manusia melihat orang zhalim dan mereka tidak mencegahnya dari kezhaliman, maka Allah akan menimpakan siksa atas mereka semua " (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa'i)



Aktivitas menjalankan amar ma'ruf nahi munkar ini merupakan kewajiban atas seluruh umat Islam, baik laki-laki dan perempuan, kepada individu, masyarakat, dan penguasa.



Wallaahu a'lam bis shawwab

Related Posts

Sibuk Bicarakan Aib Orang Lain, Bagaimana Dengan Diri kita?
4/ 5
Oleh