Minggu, 07 Maret 2010

Cara Mengajak Orang Sholat Berjamaah di Masjid


Membuat orang sadar akan pentingnya berjamaah di masjid, itulah salah satu tantangan terbesar umat muslim.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin memerangi bangsa Yahudi, sampai-sampai orang Yahudi berlindung di balik batu dan pohon, lalu batu dan pohon tadi akan berbicara, ‘Wahai orang Islam, hai hamba Allah! Di belakangku ada orang-orang Yahudi, kemarilah, bunuhlah dia, kecuali pohon Ghorqod, sebab ia itu sungguh pohonnya Yahudi.” (HR. Ahmad).

Bagaimana pandangan rabi Yahudi tentang sabda Nabi SAW tersebut? Dia jawab, “Ya aku percaya apa yang dikatakan Muhammad, tapi jangan takut, hal itu masih lama.” Lalu ditanya lagi, “Kapankah waktu itu akan dating?” Sang rabi tersebut menjawab, “Hal itu baru akan terjadi ketika jumlah umat Islam yang datang ke masjid pada waktu sholat subuh, akan sama jumlahnya dengan yang dating pada saat sholat Jumat."

Ada dua hal setidaknya sebagai pelajaran yang bisa diambil dalam wawancara tersebut:
1. Orang Yahudi saja mempercayai dan sangat yakin akan kebenaran dan bukti dari sabda Nabi Muhammad SAW, bagaimana dengan kita?

2. Memberitahukan kepada kita semua, bahwa sumber dan barometer kekuatan umat Islam itu bisa dilihat saat pelaksanaaan sholat subuh berjamaaah di masjid. Bukan tergantung dari banyaknya jenderal dan sarjana.

Beberapa cara untuk mengajak orang berjamaah di masjid:

Kunci utamanya 3M
Cara pertama adalah 3M. Mulai dari diri sendiri. Mulai dari yang terdekat . Mulai saat ini juga! Orang lain tidak akan mau mendengar ajakan kita kalau kita sendiri tidak berjamaah. Kita bisa mengajak orang-orang terdekat, seperti suami, istri, adik, kakak, orangtua, anak, saudara. Setelah itu baru mulai meningkat menjadi tetangga, lingkungan satu kompleks, dan RT, dst. Mulai saat ini juga! Jangan tunggu-tunggu lagi karena tidak ada yang tahu kapan umur kita berakhir.

Spanduk
Penggunaan spanduk yang besar dan mencolok untuk dipasang di daerah tempat tinggal kita juga merupakan cara yang efektif untuk menyerukan orang-orang sholat berjamaah di masjid. Jangan lupa dibuat kalimat-kalimat yang menarik seperti mencantumkan kegiatan menarik setelah sholat.

Wake-Calling
Wake-Calling adalah membangunkan teman untuk sholat subuh berjamaah di masjid. Harus sampai bangun. Jangan Cuma miscall atau sms. Setelah itu teman yang dibangunkan itu membangunkan temannya yang lain lagi. Begitu seterusnya. Wake-Calling harus dimulai setidaknya setengah jam sebelum adzan agar orang yang bangun jumlahnya bisa banyak, dan juga untuk mempersiapkan diri ke masjid. Lebih bagus lagi adalah Tahajud Call, yaitu Panggilan untuk melakukan sholat Tahajud, setelah itu sholat subuh berjamaah di masjid.

Informasi saat Khutbah/Pengajian
Waktu sholat jumat adalah waktu yang sangat tepat untuk memberi tahu karena banyaknya jamaah laki-laki yang berkumpul saat itu. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memberi tahu dan menekankan tentang pentingnya sholat berjamaah, apalagi berjamaah di waktu subuh dan isya.

Janjian
Saling menguji tingkat keimanan dan kekuatan sesama teman dengan cara berjanjian untuk sholat berjamaah di masjid bisa menjadi cara yang asyik dan menyenangkan. Siapa yang tidak bisa datang berjamaah di masjid tanpa ada halangan yang sangat kuat dianggap ingkar janji. Tentunya hal ini harus semakin memperkuat persaudaraan dan kasih sayang sesama teman itu. Jika ternyata ada satu yang ingkar tidak seharusnya menjadi putus silaturahmi, namun temannya itu wajib mengingatkan pentingnya sholat berjamaah di masjid.

Mengajak & Memberi Contoh
Ketika di sekolah/kampus/kantor sedang duduk-duduk dan waktu sholat telah tiba, kita bisa langsung mengajak teman-teman kita dan siap-siap pergi ke masjid untuk berjamaah. Jika tidak ada masjid musholla pun jadi. Jika teman-teman yang diajak masih tidak mau maka cukuplah Allah yang Maha Mengetahui. (http://jamaahmasjid.blogspot.com)

Oleh: H. Ibnul Yaman

Penggerak & Simpatisan "Sholat Berjamaah di Masjid, Yuk!" bertujuan untuk menyerukan umat muslim untuk sholat berjamaah di masjid, menjalin ukhuwah Islamiyah, dan berbagi pengetahuan Islami.

Klik di sini untuk membaca artikel lainnya di Facebook Page!

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wa rahmatullah,
    Ditempat saya, warga telah didatangi & diberitahu ttg fadhilah sholat berjamaah di masjid. Tetapi masih susah juga ya. Menurut saya, org2 yg sholat ke masjid 5x sehari adalah org2 pilihan Allah. Itu adalah HIDAYAH. Di zaman Rasulullah,bagaimana ya beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam mengajak org3 ke masjid?

    BalasHapus