Minggu, 06 Juni 2010

Hati-hati terhadap Penyakit Hati


Takut, cemas dan berduka cita merupakan penyakit hati yang sulit diobati. Orang beriman terbebas dari rasa takut terhadap peristiwa yg telah berlalu, tidak pernah cemas dengan masa depan dan tidak pernah berduka cita atas kejadian yg dia alami. Orang beriman terbebas dari semua itu karena dalam jiwanya sudah ada keyakinan bahwa hanya dgn izin Allah segala sesuatu dapat terjadi.

Menjalar kepadamu penyakit umat-umat sebelum kamu sekalian, yaitu marah dan dengki. ( penyakit ) itu mencukur agama bukan mencukur rambut. ( H.R. Abu Dawud dan Tirmizi )

hai orang2 beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari keslahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yg lain. Sukakah salah seorang dri kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu mersa jijik kepadanya.( Q.S. Al-Hujurat/49 : 12 )

jauhilah olehmu prasangka karena prasangka itu ucapan yang paling dusta. Janganlah memata-matai, janganlah mencari-cari kesalahan orang lain, janganlah saling bersaing, saling iri, saling membelakangi/berselisih, dan saling membenci. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. ( H.R. Bhukhari. )

Jauhilah dengki karena dengki memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar atau rumput. ( H.R. Abu Dawud )

hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedangkan kamu mengetahui. ( Q.S. Al-Anfal : 27 )

dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anak mu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. ( Q.S. Al-Anfal : 28 )

sampaikanlah amanat (kepercayaan) kepada orang yang mengamanatkan kepadamu dan janganlah berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu. ( H.R. Ashabu sunan ) - http://jamaahmasjid.blogspot.com

Oleh: Hudzaifah Ibnul Yaman | Klik http://facebook.com/SHOLAT.BERJAMAAH.DI.MASJID.YUK untuk bergabung dengan jamaah lainnya, atau di http://twitter.com/JamaahMasjid

Tidak dilarang mengcopy-paste isi tulisan dalam blog ini dengan mereferensikan URL: http://jamaahmasjid.blogspot.com. Jazakumullah khairan katsiraa telah membaca dan mereferensikan.

Download File2 Islami |Baca Artikel Lainnya

Berlangganan Artikel

Related Posts

Hati-hati terhadap Penyakit Hati
4/ 5
Oleh